Pengikut

Rabu, 20 April 2011

KARBURATOR & FUEL INJECTION



Karburator
Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Karburator masih digunakan dalam mesin kecil dan dalam mobil tua atau khusus seperti yang dirancang untuk balap mobil stock. Kebanyakan mobil yang diproduksi pada awal 1980-an telah menggunakan injeksi bahan bakar elektronik terkomputerisasi. Mayoritas motor masih menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan dan murah, namun pada 2005 sudah banyak model baru diperkenalkan dengan injeksi bahan bakar.

Injeksi
Injeksi bahan bakar adalah sebuah teknologi digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar.
Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator. Dan injeksi bahan bakar juga dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat, baik dalam proporsi dan keseragaman.
Injeksi bahan bakar dapat berupa mekanikal, elektronik atau campuran dari keduanya. Sistem awal berupa mekanikal namun sekitar 1980 mulai banyak menggunakan sistem elektronik.
Sistem elektronik modern menggunakan banyak sensor untuk memonitor kondisi mesin, dan sebuah unit kontrol elektronik (electronic control unit, ECU) untuk menghitung jumlah bahan bakar yang diperlukan. Oleh karena itu injeksi bahan bakar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi, dan juga memberikan tenaga keluaran yang lebih.

Karburator EFI

BBM dihisap oleh mesin BBM diinjeksikan/disemprotkan ke dalam mesin
Pengapian Terpisah Sistem Pengapian menyatu
Komponen-komponen dasar EFI
Setiap jenis atau model sepedamotor mempunyai desain masing-masing namun secara garis besar terdapat komponen-komponen berikut.
ECU – Electrical Control Unit
Pusat pengolah data kondisi penggunaan mesin, mendapat masukkan/input dari sensor-sensor mengolahnya kemudian memberi keluaran/output untuk saat dan jumlah injeksi, saat pengapian.
Fuel Pump
Menghasilkan tekanan BBM yang siap diinjeksikan.
Pressure Regulator
Mengatur kondisi tekanan BBM selalu tetap (55~60psi).
Temperature Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi suhu mesin, kondisi mesin dingin membutuhkan BBM lebih banyak.
Inlet Air Temperature Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi suhu udara yang akan masuk ke mesin, udara dingin O2 lebih padat, membutuhkan BBM lebih banyak.

Inlet Air Pressure Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi tekanan udara yang akan masuk ke mesin, udara bertekanan (pada tipe sepedamotor ini hulu saluran masuk ada diantara dua lampu depan) O2 lebih padat, membutuhkan BBM lebih banyak.
Atmospheric Pressure Sensor memberi masukan ke ECU kondisi tekanan udara lingkungan sekitar sepedamotor, pada dataran rendah (pantai) O2 lebih padat, membutuhkan BBM lebih banyak.
Crankshaft Sensor
Memberi masukan ke ECU posisi dan kecepatan putaran mesin, putaran tinggi membutuhkan buka INJECTOR yang lebih cepat.
Camshaft Sensor
Memberi masukan ke ECU posisi langkah mesin, hanya langkah hisap yang membutuhkan buka INJECTOR.
Throttle Sensor
Memberi masukan ke ECU posisi dan besarnya bukaan aliran udara, bukaan besar membutuhkan buka INJECTOR yang lebih lama.
Fuel Injector / Injector
Gerbang akhir dari BBM yang bertekanan, fungsi utama menyemprotkan BBM ke dalam mesin, membuka dan menutup berdasarkan perintah dari ECU.
Speed Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi kecepatan sepedamotor, memainkan gas di lampu merah dibanding kecepatan 90km/jam, buka INJECTOR berbeda.
Vehicle-down Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi sepedamotor, jika motor terjatuh dengan kondisi mesin hidup maka ECU akan menghentikan kerja FUEL PUMP, IGNITION, INJECTOR, untuk keamanan dan keselamatan.
Electronic Fuel Injection memang lebih unggul dibanding karburator, karena dapat menyesuaikan takaran BBM sesuai kebutuhan mesin standar.
ECU diprogram untuk kondisi mesin standar sesuai model sepedamotor, di dalam ECU terdapat tabel BBM yang akan dikirim melalui Injector sesuai kondisi mesin standar.
Jika ada perubahan dari kondisi standar misalnya filter udara diganti atau dilepas, walaupun ada pengukur tekanan udara (inlet air pressure sensor) pasokkan BBM hanya berubah sedikit, akhirnya sepedamotor akan berjalan tidak normal karena O2 terlalu banyak (lean mixture).

Tabel ECU standar biasanya tidak dapat dirubah, karena tujuan utama EFI adalah pengurangan kadar emisi gas buang beracun.
Untuk mesin modifikasi memerlukan modifikasi tabel dalam ECU, hal ini dapat dilakukan dengan:
1. Software yang dapat masuk ke dalam memory ECU – hanya dimiliki oleh ATPM atau dealer.
2. Piggyback alat tambahan diluar ECU - bekerja dengan cara memanipulasi sinyal yang dikirim ke Injector untuk membuka lebih lama.
3. Tukar ECU aftermarket yang dapat diprogram tabel memory-nya, sesuai modifikasi, sesuai kondisi sirkuit.
AP Honda Thailand menyebutnya PGM-FI (Programed Fuel Injection). Lantaran step 2 lebih

[Image: supra%20x125%20pgmF1%20black.jpg?et=qQGZ...supra%20x125%20pgmF1%20black.jpg?et=qQGZY2kmet78]
canggih, ditambah embel-embel Honda Intelligent Performance.


rumor berkembang di masyarakat bahwa sistem injeksi itu jelek, gampang rusak kalo kemasukan air, dan lain lain lah, pokok nya untuk saat ini asumsi masyarakat itu kalo sistem karburator masih lebih baik.
Mari dilihat perbedaannya. Sistem injeksi lama, masih ada slang pembalik. Artinya, jika kelebihan bakar di trottle body, bensin dibalikkan ke tangki (venturi bodi). Ini dianggap tidak simpel. Makanya Honda bikin satu slang saja. Namun risikonya semprotan bensin harus diatur pas. Program ECU (Electronic Contol Unit) kudu pintar. Jadi cucok kalau disebut Intelligent Performance.
Kedua, disebut lebih aman karena sistem ECU tidak lagi menyatu bareng trottle body (bodi venturi). Sekarang
ditempatkan di bawah jok. Terlindung dari cipratan air yang berakibat korslet. Tahu sendiri kalau ECU koit, harganya mendekati 1 unit motor.
Kelebihan lain yaitu mudah dalam perawatan. Jika trottle bodi (bodi venturi) kotor, bisa dibersihkan menggunakan bensin. Direndam pun nggak masalah. Sebab tidak ada ECU yang melekat pada trottle bodi.
kalu untuk iritnya.....sepertinya...PGM-FI mungkin lebih irit di bandingkan pendahulunya..
Kalo yang menggunakan injection bisa lebih irit dan bisa lebih ngacir karena sistem pengapian, elektronik dan lain-lain sudah diatur dengan komputer (ECU) yang dihitung secara pas, kekurangannya kalo komputernya rusak agak sulit diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru dengan harga yang lumayan tinggi, tapi kerusakan sangat jarang terjadi, dan biasanya akibat dari terendam banjir. Berbeda dengan kaburator, kalo terendam banjir hanya tinggal dibersihkan.
Yang jelas penggunaan ECU, perawatannya sangat mudah dan efesien serta sangat memudahkan dalam setingan.
RE: karburator & Fuel Injection -
erichard - 4 Jul 2008 13:06

big2besar Wrote:Kalo yang menggunakan injection bisa lebih irit dan bisa lebih ngacir karena sistem pengapian, elektronik dan lain-lain sudah diatur dengan komputer (ECU) yang dihitung secara pas, kekurangannya kalo komputernya rusak agak sulit diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru dengan harga yang lumayan tinggi, tapi kerusakan sangat jarang terjadi, dan biasanya akibat dari terendam banjir. Berbeda dengan kaburator, kalo terendam banjir hanya tinggal dibersihkan.
Yang jelas penggunaan ECU, perawatannya sangat mudah dan efesien serta sangat memudahkan dalam setingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar